Konten Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pada Kedai Kopi Dikabupaten Sintang

Konten Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pada Kedai Kopi Dikabupaten Sintang

Penulis

  • Resty Adetya Universitas Terbuka
  • Sri Prilmayanti Awaluddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56858/bugis.v4i2.615

Kata Kunci:

kedai kopi, media sosial, pemasaran digital

Abstrak

Kedai kopi Nordu dikabupaten sintang adalah objek dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan kedai kopi Nordu. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan karyawan yang terlibat pada pemasaran digital dan pengelola media sosial, observasi disertai dengan dokumentasi. Fokus penelitian ini mencakup empat aspek pemasaran digital yaitu keberadaan situs web, mesin pencari, e-mail pemasaran dan penggunaan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai kopi Nordu telah mengoptimalkan media sosial sebagai saluran utama untuk menjalin interaksi dengan konsumen terutama di Instagram. Sementara itu, keterbatasan situs web masih terbatas dalam bentuk halaman informasi dasar dan belum dimaksimalkan sebagai sarana promosi. Strategi pemasaran berbasis mesin pencari serta e-mail marketing belum menjadi bagian dari strategi yang diimplementasikan secara aktif. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital Nordu sangat efektif untuk membangun identitas merek dimedia sosial, tetapi masih memberikan potensi pengembangan pada saluran digital lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025

Cara Mengutip

Adetya, R., & Awaluddin, S. P. (2025). Konten Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pada Kedai Kopi Dikabupaten Sintang : Konten Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Pada Kedai Kopi Dikabupaten Sintang . BUGIS : Journal of Business, Technology, &Amp; Social Science, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.56858/bugis.v4i2.615