Peran Mediasi Loyalitas Merek Pada Social Media Marketing, Customer Engagement dan Keputusan pembelian di Shopee
Kata Kunci:
customer engagement, Keputusan Pembelian, Loyalitas Merek, Social Media MarketingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, customer engagement terhadap keputusan pelanggan pengguna shopee di Kota Kendari dan loyalitas merek sebagai variabel intervening (mediasi). Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jumlah 221 sampel secara purposive sampling. Analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan social media marketing dan customer engagement berpengaruh positif dan sugnifikan terhadap loyalitas merek dan loyalitas merek, social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berbeda dengan dengan variabel customer engagement yang berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Loyalitas merek pada penelitian ini berperan sebagai variabel mediasi dan memberikan efek parsial mediasi (complementary). Analisis lebih lanjut diperlukan untuk mengukur seberapa kuat efek mediasi loyalitas merek dalam model tersebut.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 BUGIS : Journal of Business, Technology, & Social Science

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.