ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA MAKASSAR)

Authors

  • Rezki Arianty STIEM Bongaya
  • Al Kausar IBK Nitro Makassar
  • Paris Dauda IBK Nitro Makassar
  • Siti Wardani Bakri Katti IBK Nitro Makassar
  • Sudirman IBK Nitro Makassar
  • Besse Qur’ani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56858/jsmn.v1i2.99

Keywords:

e-commerce, UMKM

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah untuk bagaimana menganalisis pengaruh e-Commerce terhadap peningkatan dari kinerja UMKM di Kota Makassar. Lokasi yang menjadi objek penelitian adalah UMKM yang memproduksi produk lokal di Kota Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Untuk mengetahui kinerja tersebut dilakukan observasi lapangan dengan menyebar kuisioner agar dapat mengetahui apakah e-commerce dapat meningkatkan kinerja UMKM di Kota Makassar. Pengujian yang dilakukan, dibantu dengan program komputer Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM., akan tetapi keberadaan e-commerce menjadi salah satu alternatif pemasaran yang digunakan untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan

Downloads

Published

15-01-2023

How to Cite

Arianty, R., Al Kausar, Paris Dauda, Siti Wardani Bakri Katti, Sudirman, & Besse Qur’ani. (2023). ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM DI KOTA MAKASSAR). Jurnal Sains Manajemen Nitro, 1(2), 174–181. https://doi.org/10.56858/jsmn.v1i2.99