PENGARUH MEDIA ONLINE DAN MEDIA OFFLINE TERHADAP KEPUTUSAN DAN KEPUASAN PELANGGAN HOTEL DI MAKASSAR

Authors

  • Moh Hatta Alwi Universitas Fajar
  • Muspa IBK Nitro Makassar
  • Mughni Latifah Universitas Cokroaminoto
  • Novita Rosanti IBK Nitro Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56858/jsmn.v1i2.105

Keywords:

media online, media offline, keputusan, kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media online dan media offline terhadap keputusan dan kepuasan pelanggan hotel di Makassar. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu media online dan media offline, variabel intervening adalah keputusan dan variabel dependent adalah kepuasan. Model penelitian diuji pada pelanggan hotel berbintang di Makassar yaitu 4969 orang pelanggan hotel, relatif banyak sehingga dilakukan teknik claster sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel adalah path analysis dengan bantuan software AMOS 24. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap media online terhadap keputusan dan kepuasan, terdapat pengaruh positif dan signifikan media offline terhadap keputusan dan terdapat pengaruh negatif dan signifikan media offline terhadap kepuasan serta terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan media online dan media offline terhadap kepuasan melalui keputusan.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Alwi, M. H., Muspa, Mughni Latifah, & Novita Rosanti. (2022). PENGARUH MEDIA ONLINE DAN MEDIA OFFLINE TERHADAP KEPUTUSAN DAN KEPUASAN PELANGGAN HOTEL DI MAKASSAR. Jurnal Sains Manajemen Nitro, 1(2), 239–247. https://doi.org/10.56858/jsmn.v1i2.105