Pengaruh Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada Layanan Jasa Go-Jek di Kota Palopo

Authors

  • Nasruddin Djunaedi Universitas Andi Djemma
  • Muh. Akil Rahman UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56858/jmpkn.v6i1.89

Keywords:

Customer Satisfaction, Gojek, Service Quality.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap customer satisfactioson pada Jasa Gojek di Kota Palopo. Pengambilan sampel dengan teknik sampel insidental yaitu sebanyak 35 orang konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y), terlihat bahwa variabel X mempunyai Thitung yakni 4.681 dengan Ttabel = 1,701 atau nilai Thitung > Ttabel. Nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000<0,05. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Jasa Gojek di Kota Palopo. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Akbar, A. Z. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Risiko Persepsian, Dan Harapan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Dimediasi Oleh Nilai Persepsian, Studi Pada Pasien Asri Medical Center Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Didiharyono, & Kausar, A. (2022). Statistika Ekonomi, Konsep Dasar dan Penerapannya. Makassar Nasmedia

Griffin, J. (2005). Customer loyality. Jakarta: Erlangga.

Grönroos, C. (2001). The perceived service quality concept–a mistake? Managing Service Quality: An International Journal.

Hamdani, N. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 090–096.

Irawan, H. (2004). Prinsip Kepuasaan Nasabah. Cetakan Kelima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid ke-1 dan Jilid ke-2, edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran, MM Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Machfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern, cetakan pertama. Penerbit: UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Priyambodo, L., Tjiptono, F. S., & Suyoto, M. (2012). M-Commerce in Indonesia: Problems and Prospects. International Journal of Computer Applications & Information Technology, 1(2), 71–76.

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.

Siwantara, I. W. (2011). Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan serta Kinerja Customer Relationship Management (Studi pada Halo Corporate PT. Telkomsel Bali). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 150–161.

Supranto, J. (2006). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta, 299.

Tjiptono, F. (2007). Service, quality satisfaction. Jakarta.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Djunaedi, N., & Muh. Akil Rahman. (2023). Pengaruh Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada Layanan Jasa Go-Jek di Kota Palopo. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 6(1), 26–38. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v6i1.89