Penerapan Teori Model Penerimaan Teknologi dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet

Authors

  • Jam'an Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56858/jmpkn.v3i2.32

Keywords:

Perceived usefulness, Perceived ease of use, Attitude toward using, Behavior intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran penerimaan teknologi internet dan melakukan pengujian model penerimaan teknologi internet dengan pendekatan Technologi Acceptance Model (TAM) dan meneliti hubungan antar variabel di dalamTAM untuk memprediksi penerimaan teknologi internet di lingkungan civitas akademika. Studi dilakukan pada konteks penggunaan internet oleh kalangan civitas akademika PNUP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif survey dan explanatory survey. Survey informasi dari sebagian populasi (sampel responden) dikumpulkan langsung dari tempat kejadian secara empirik, dengan tujuan untuk mengetahui pendapat sebagian populasi terhadap objek yang diteliti. Objek yang diteliti terdiri dari kemudahan penggunaan internet, manfaat penggunaan internet, kemampuan menggunakan internet, sebagai variabel bebas (independent) dan sikap penggunaan internet, minat berperilaku penggunaan internet serta penggunaan internet aktual sebagai variabel terikat (dependent). Adapun subjek penelitian ini adalah dosen, mahasiswa dan staff civitas akademika Jurusan Administrasi Biaga Politeknik Negeri Ujung Pandang, dengan jumlah sampel sebesar 128 orang yang diambil secara simple random sampling berukuran 128 orang. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif pada variabel yang bersifat kualitiatif dilakukan melalui analisis terhadap angket tertutup yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang gambaran kemudahan penggunaan internet (perceive ease of use), manfaat penggunaan internet(perceive usefulness), sikap terhadap penggunaan internet(attitude toward using), perilaku dalam penggunaan internet (behavior intention) dan penggunaan internet actual (actual using). Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik untuk menguji hipotesis yaitu Teknik Analisis Model Persamaan Struktural atau lazim dikenal dengan sebutan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukan : 1) Perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using internet banking. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin baik persepsi pengguna tentang manfaat (perceived usefulness) yang terbentuk maka semakin yakin pula sikap pengguna yang akan menggunakan internet (attitude toward using) di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. 2) Perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using internet. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin baik persepsi pengguna tentang kemudahan (perceived ease of use) yang terbentuk maka semakin yakin pula sikap pengguna yang akan menggunakan internet (attitude toward using) di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. 3) Attitude toward using berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavior intention. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin baik sikap dalam memutuskan untuk menggunakan internet (attitude toward using) maka semakin tinggi keinginan pengguna untuk terus menggunakan internet di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang. 4) Behavior intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual using internet. Pengaruh positif ini memberikan makna bahwa semakin tinggi minat menggunakan internet akan semakin tinggi pula penggunaannya.

 

References

Byström, K. (1999). Task complexity, information types and information sources: examination of relationships. Tampere University Press.

Davis, K., & Newstrom, J. W. (1985). Perilaku dalam organisasi. Jakarta: Erlangga.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User acceptance of computer technology: A comparison of two theoretical models. Management science, 35(8), 982-1003.

Davis, Keith. (1986). Personnel Management and Human Resource, 2nd Singapore: McGraw Hill Book Company Duncan, T. (2002). Principles of Advertising and Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta

Enny, R. (2015). Penerapan Teori Technology Acceptance Model Dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet (Studi Perilaku Dalam Menerima Teknologi Internet).

Herring, S. C. (Ed.). (1996). Computer-mediated communication: Linguistic, social, and cross-cultural perspectives (Vol. 39). John Benjamins Publishing.

Horrigan, J. B. (2000). New Internet users: What they do online, what they don't, and implications for the net's future. Washington, DC: Pew Internet & American Life Project.

Igbaria, M., Zinatelli, N., Cragg, P., & Cavaye, A. L. (1997). Personal computing acceptance factors in small firms: a structural equation model. MIS quarterly, 279-305.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan, Penerbit Andi Yogyakarta.

Li, Y. H., & Huang, J. W. (2009). Applying theory of perceived risk and technology acceptance model in the online shopping channel. World Academy of Science, Engineering and Technology, 53(1), 919-925.

Nasution, Fahmi Natigor. (2004). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavioral Aspect). USU digital library

Devi, N. L. N. S., & Suartana, I. W. (2014). Analisis technology acceptance model (TAM) terhadap penggunaan sistem informasi di Nusa Dua Beach Hotel & SPA. E-Jurnal Akuntansi, 6(1), 167-184.

Nielsen Holdings, N. V. (2014). Malaysians rank among the world’s most avid online shoppers. The Nielsen Global Survey of E-commerce.

Purbo, Ono W. 2004. Internet.http://www.Geocities.com/mrsmkk/internet.html (29/08/2011) Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi dan Elektronika. 2001, Indikator Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2001, Jakarta: Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi dan Elektronika, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Elektronika, tersedia pada http://www.apjii.or.id/dokumentasi/arsip/indikator/si_ti2002.pdf

Suti, M., Syahdi, M. Z., & D, D. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(2), 203-214.

Wibowo, A. (2008). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi.

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Jam’an. (2021). Penerapan Teori Model Penerimaan Teknologi dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 3(2), 73–85. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v3i2.32

Issue

Section

Artikel